Jumat, 21 Juni 2013

Pengembangan dan Pengadaan Sistem Informasi

SDLC (System Development Life Cycle) = daur hidup pengembangan sistem, metodologi klasik yang digunakan untuk mengembangkan, memelihara, dan menggunakan sistem informasi.



tahapan - tahapan dalam SDLC
1. analisis sistem = studi kelayakan dan analisis kebutuhan
analisis  sistem dimulai karena adanya permintaan sistem baru yg bermaksud untuk mengembangan sistem yang sudah ada atau mengatasi masalah2 yg belom tertangani.
tujuan utamanya menentukan hal2 detail yg akan dikerjakan oleh sistem.


2. desain sistem = perancangan konseptual, perancangan fisik
tujuan utamanya menghasilkan rancangan yg memenuhi kebutuhan yg ditentukan selama tahapan analisis sistem.

3. implementasi sistem = pemograman dan pengujian,instalasi HD & SD, pelatihan kepada pemakai, konversi, pembuatan dokumentasi,


4. operasi dan pemeliharaan sistem = pemeliharaan perfektif, pemeliharaan adaptif, dan pemeliharaan korektif.
mendukung operasi sistem dan melakukan perubahan dan tambahan fasilitas.


Studi Kelayakan = memastikan solusi yang ditentukan benar2 dapat dicapai.



faktor2 yang diperhatikn dalam analisis biaya/manfaat:
1. Pengembangan :
    - waktu analisis sistem
    - waktu pemograman
    - waktu pemakai
    - biaya pembelian perangkat keras
    - biaya pembelian perangkat lunak
    - biaya jasa
2. operasi :
    - biaya komputer
    - biaya komunikasi
    - biaya staff pengoperasi
    - biaya pertumbuhan pemakai
    - biaya pemeliharaan

Dalam pengembangan sistem informasi problem GUNUNG ES maksudnya biaya yang sesungguhnya untuk analisis biata/manfaat jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya yang diperhitungkan ke depan.

Aspek2 Pertimbangan dalam Studi Kelayakan:
1. teknologi
2. ekonomi
3. non - ekonomi
4. organisasi atau operasional
5. jadwal
6. kendala hukum, etika

efek kesalahan program:
1. ringan = kesalahan ejaan dalam laporan atau pengaturan letak dalam laporan.
2. moderat = kemubadziran keluaran atau keluaran yang menyesatkan atau membuat kinerja sistem menurun.
3. menjengkelkan = terdapat nama yg terpotong, tagihan sebesar 0 rupiah, pemakai harus melakukan langkah tertentu untuk mendapatkan respon yg benar.
4. mengganggu = sistem menolak menangani transaksi yg benar.
5. serius = sistem menghilangkan transaksi
6. sangat serius = sistem melakukan transaksi yg salah.
7. ekstrim = sering terjdi penolakan transaksi dan transaksi salah yg tak menentu.
8. tak tertahankan = kerusakan basis data yg tak dapat dipulihkan.
8. malapetaka = sistem gagal dan tak dapat dioperasikan
9. menular = perangkat lunak sistem merusak sistem lain.

berbagai konversi
1. konversi paralel (parallel conversion) = sistem baru dan sistem lama sama2 dijalankan. jika sitem baru telah bisa diterima untuk menggantikan yg lama maka yg lama akan dihentikan.
2. konversi langsung (direct conversion) = cara menghentikan sistem lama dan menggantikan dengan yg baru.
3. konversi pilot (pilot conversion) = menerapkan sistem baru hanya pada lokasi tertentu yg diperlakukan sebagai pelopor, jika berhasil akan diperluas ke tempat2 yg lain.
4. konversi modular (phased conversion) = menggantikan satu bagian sistem lama dengan sistem baru, jika terjadi sesuatu bagian yg baru tsb akan digantikan kembali dengan yg lama, namun jika tidak terjadi maka sistem yg baru akan dipasang semua untuk menggantikan sistem yg lama.

Pemeliharaan Perangkat Lunak :
1. pemeliharaan perfektif = ditujukan untuk memperbarui sistem  sebagai tanggapan atas perubahan kebutuhan pemakai dan kebutuhan organisasi, meningkatkan efesiensi sistem, dan memperbaiki dokumentasi.
2. pemeliharaan adaptif = perubahan aplikasi untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan perangkat keras dan perangkat lunak baru.
3. pemeliharaan korektif = pembetulan atas kesalahan2 yg ditumpukan pada sistem berjalan.

Prototipe = suatu metode dalam pengembangan sistem yg penggunakan pendekatan untuk membuat suatu program dengan cepat dan bertahap sehingga dapat segera dievaluasi oelh pemakai.

outsourcing = menyerahkan segala kegiatan yg berhubungan dengan pemrosesan informasi kepada pihak luar.
kelebihan :
- menyingkat waktu pengembangan
- menghilangkan penyediaan sarana
- meningkatkan kas dalam aset perusahaan
- teknologi yg lebih maju
- mendapatkan kepakaran yg lebih baik
 kekurangan:
- kehilangan kendali terhadap sistem
- mengurangi keunggulan kompetitif
- bergantung kepada pihak luar

CASE tool = (Computer Assisted Software Engineering) = perangkat lunak yg berguna bagi para pengembang dalam merencanakan, menganalisis, merncang, melakukan pemrogaman, memelihara si.

1 komentar:

Posting Komentar

Tolong komentar yang berkaitan dengan postingan ini...