Jumat, 11 April 2014

Download Pengertian Metode Numerik, Pendekatan, Kesalahan dan Interpolasi Polinominal


Metode Numerik
Tidak semua permasalahan matematis atau perhitungan dapat diselesaikan dengan mudah. Bahkan dalam prinsip matematik, dalam memandang permasalahan yang terlebih dahulu diperhatikan apakah permasalahan tersebut mempunyai penyelesaian atau tidak. Hal ini menjelaskan bahwa tidak semua permasalahan dapat diselesaikan dengan menggunakan perhitungan biasa.
Metode yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan perhitungan dan analisis adalah:
1. Metode Analitik : digunakan dalam menyelesaikan permasalahan yang sederhana atau ada teorema analisa matematika yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
2. Metode Numerik : digunakan jika permasalahan sudah sangat sulit atau tidak mungkin diselesaikan secara analitik.
3. Metode Simulasi : jika persoalan sudah merupakan persoalan yang mempunyai kompleksitas tinggi, sehingga metode numerik pun tidak dapat menyajikan penyelesaian dengan baik.
Pendekatan Metode Numerik dan Kesalahan Metode Numerik
Metode numerik digunakan untuk menyelesaikan persoalan dimana perhitungan secara analitik tidak dapat digunakan. Metode numerik berangkat dari pemikiran bahwa permasalahan dapat diselesaikan dengan menggunakan pendekatan-pendekatan yang dapat dipertanggung-jawabkan secara analitik. Metode numerik ini disajikan dalam bentuk algoritma-algoritma yang dapat dihitung secara cepat dan mudah. Pendekatan yang digunakan dalam metode numerik merupakan pendekatan analisis matematis. Sehingga dasar pemikirannya tidak keluar jauh dari dasar pemikiran 



Kesalahan Mutlak (Absolut)

Kesalahan mutlak dari suatu angka, pengukuran, atau perhitungan adalah perbedaan numerik nilai sesungguhnya terhadap nilaii pendekatan yang diberikan, atau yang diperoleh dari hasil perhitungan atau pengukuran.


Kesalahan Relatif
Kesalahan relatif adalah kesalahan mutlak dibandingkan dengan terhadap nilai eksak yang terjadi.

Interpolasi Polinominal


      Jenis – jenis Interpolasi
à Interpolasi Linier
à Interpolasi Kuadrat
à Interpolasi Lagrange
à Interpolasi Newton


Lebih Detail silahkan anda mendownload disini : DOWNLOAD

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong komentar yang berkaitan dengan postingan ini...