Kamis, 06 Desember 2012

Internet-an dengan Super 3G yuk!


Sekarang ini berselancar di dunia maya atau ” internetan”, istilah yang dulu saya dan teman-teman biasa gunakan sudah sangat mudah dibandingkan dengan dibandingkan dengan satu dekade yang lalu dimana  hanya kantor, sekolah dan baru sedikit orang yang memiliki fasilitas untuk mengakses internet secara pribadi. Pada waktu itu untuk dapat mengakses internet kami biasanya pergi ke warung internet atau warnet yang juga sangat menjamur pada saat itu. Seiring dengan perkembangan teknologi dan juga biaya pemakaian internet yang semakin terjangkau maka hampir rata-rata setiap rumah/orang sudah bisa mengakses internet secara pribadi. Hal itu juga disebabkan karena semakin maraknya penggunaan telepon seluler, telpon pintar dan peralatan gadget canggih lainnya. Penggunaan internet juga variatif mulai dari mencari data, mengirim data ,mengunduh gambar, video,lagu sampai untuk  sosialisasi melalui jejaring sosial. Penggunaan internet menjadi sangat penting untuk kelancaran dan  kemudahan urusan  pekerjaan, sekolah, bisnis, hobi sampai sebagai sarana hiburan. Dengan internet juga menjadi penghubung kita ke seluruh dunia ketempat-tempat yang belum/tidak dapat kita kunjungi dan juga tak ketinggalan  dunia ngeblog bagi mereka yang senang menulis ataupun sarana untuk menuangkan ide, pendapat, maupun uneg-uneg.

Kalau untuk mengakses internet sudah sedemikian mudahnya, peralatan sudah canggih mulai telpon genggam, telpon pintar, laptop, PC sampai tablet, operator pendukung juga banyak pilihan , lalu apa sih yang menjadi kendala? Kendala saya secara pribadi adalah bila jaringan lemot atau lambat! Pasti para kompasioner semua pernah mempunyai pengalaman ini yang membuat  kesal, sebal bahkan mungkin sampai ada yang emosi jiwa hehee :)  Seringkali aktivitas dan urusan kita menjadi terhambat karena  gangguan jaringan.
Urusan lambat atau lemot ini urusan jaringan operator dong. Dulu kalau terjadi hal seperti itu, saya biasanya telpon ke operator, alasanya macam-macam mulai dari adanya perbaikan jaringan, ada gangguan, jaringan sibuk karena ramai pemakaian dan lain sebagainya. Lama-lama bosan dan capek dong kalo harus bertanya tapi jawabanya yang itu itu juga. Dan jurus jitu saya adalah  saya dan kita  semua sebagai konsumen harus tahu dan pandai dalam memilih layanan yang  terbaik untuk kita. Apalagi pemakaian internet buat saya sendiri sudah sangat penting dan menjadi mendarah daging apabila satu hari tidak bisa mengakses internet merasa seperti tinggal di hutan belantara #lebay.com.
Dari iklan saya mengetahui bahwa Indosat  menghadirkan layanan 3G + atau Super 3G  untuk pertama kalinya di Padang Bukit tinggi Sumatera Barat pada tanggal 6 Oktober dan disebutkan layanan ini dapat mengakses data kecepatan tinggi sampai 7,2 Mbps. Pasti kita tertarik dengan fasilitas layanan ini. Sayapun tertarik untuk mengetahui lebih lagi tentang teknologi ini. Dengan berselancar di dunia maya sayapun mendapat data informasi dari wikipedia dan ilmukomputer.org  sebagai berikut:
1. 3G (third Generation technology) merupakan standar yang ditetapkan oleh International telecommunication union (ITU) untuk diaplikasikan pada jaringan telepon seluler. Teknologi ini dapat mempunyai kecepatan kerja sbb:
- Kecepatan transfer data 144 Kbps (kilobit perdetik) pada kecepatan user 100 km/ jam
- Kecepatan transfer data 384 Kbps pada kecepatan berjalan kaki
- Kecepatan tranfer data sebesar 2 Mbps untuk user diam
Akses yang cepat ini merupakan andalan dari 3G sehingga memungkinkan kita dapat menonton video secara langsung dari internet dan juga berbicara langsung melalui video tersebut.

2. 3,5G ( Teknologi 3,5G juga dikenal sebagai Super 3G) merupakan peningkatan dari teknologi 3G terutama dalam peningkatan kecepatan transfer data yang lebih dari teknologi 3G (2Mbps) sehingga dapat melayani komunikasi multimedia seperti akses internet dan bertukar data video (video sharing). Teknologi super 3G ini merupakan teknologi transmisi data pita lebar yang dapat digunakan secara berpindah-pindah ( mobile broadband) yang berbasis HSDPA ( high speed downlink packet access). Teknologi ini dapat mengirimkan data awal (initial data transmission speed) dengan kecepatan hampir 10 x lipat dari teknologi 3G.  HSDPA ( high speed downlink package) adalah sebuah jaringan yang diperuntukkan bagi telepon seluler yang populer dengan nama teknologi 3,5G. Teknologi ini menyediakan kemampuan mengunduh yang cepat dan merupakan sambungan dari asynchronous digital subcriber line (ADSL) yang digunakan pada sambungan layanan internet untuk daerah perumahan dan mencegah melambatnya koneksi pada telepon seluler. Dalam telepon pintar ( smart phone) akses internet yang sangat cepat diambil dari antena telepon seluler itu sendiri yang akan diproses lebih lanjut . Sedangkan laptop dan komputer belum tentu dapat menangkap dan memproses sinyal yang ada sehingga diperlukan modem yang dengan antena yang ada akan dapat menangkap dan memproses sinyal yang ada.

Teknologi 3,5 G ini  mempunyai keunggulan dibandingkan dengan teknologi 3G antara lain:
1. memiliki kecepatan akses data yang jauh lebih tinggi baik jaringan internet lokal maupun internasional dibandingkan teknologi 3G
2. Layanan panggilan video 3,5G mengalami penyempurnaan dengan meniadakan penundaan suara maupun penundaan pada tayangan wajah lawan bicara di layar ponsel sehingga panggilan video dengan layanan 3,5G menjadi lebih hidup
3. Menyuguhkan gambar yang lebih tajam dibandingkan dengan 3G.

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong komentar yang berkaitan dengan postingan ini...