Jumat, 14 Juni 2013

REKAYASA PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE ENGINEERING)

Perangkat lunak adalah kumpulan dari proses – proses, prosedur dan dokumen data yang saling berhubungan yang dibentuk untuk mendukung sistem komputer dan hardware.
Rekayasa perangkat lunak adalah suatu disiplin ilmu yang berkonsentrasi terhadap seluruh aspek produksi perangkat lunak. Ditentukan berdasarkan masalah yang akan dipecahkan, kendala pengembangan, dan sumber daya yang tersedia.

Diangram Kelas
Kelas adalah template yang digunakan untuk menentukan kasus tertentu
Objek adalah inisialisasi dari kelas yang dikembangkan
Atribute adalah bagian-bagian atau isi yang menjelaskan suatu objek
Perilaku adalah aktivitas/kegiatan yang menjelaskan sikap suatu kelas dalam bentuk tindakan, seperti delete, edit, insert, dll.

Unsur-usur model perancangan sistem
1.    Mengidentifikasikan nilai bisnis, terdiri dari :
    Nama proyek = nama dari proyek yang akan dibangun.
    Proyek sponsor = pihak-pihak yang mensponsori proyek tersebut
    Kebutuhan bisnis = mengapa sistem tersebut diminta oelh stakeholder
    Kegunaan proyek = kegunaan dari sistem yang dibangun
    Nilai kemampuan =  kemampuan yang diharapkan oleh sistem yang dibangun
    Kemampuan khusus yang diharapkan = adanya kemampuan khusus yang didapatkan dari sistem yang dibangun

2.    Analisis kelayakan adalah sistem yang dirancang dianalisis terlebih dahulu dengan mempertimbangkan beberapa hal:
a)    Kelayakan teknis :
    Waktu dan jadwal
    Jumlah personel
    Ukuran  proyek
    Pengetahuan bisnis
    Perluasan penggunaaan teknologi
b)    Kelayakan ekonomi :
    Pengembangan biaya
    Biaya operasional
    Manfaat terstruktur dan tidak terstruktur
c)    Kelayakan organisasi :
    Peninjauan oelh stakeholder
    Managemen organisasi

3.    Pengembangan rencana kerja yaitu berisikan proyek yang telah digagas

4.    Jumlah personel proyek yaitu berisikan jumlah anggota yang dibentuk dalam sebuah tim untuk membangun sebuah sistem yang di inginkan

5.    Kontrol yaitu melakukan pengontrolan terhadap sistem yang dirancang

6.    Peninjauan persyaratan yaitu nerisikan peninjauan syarat2 agar sistem informasi tersebut dapat dibangun

7.    Pemodelan fungsional yaitu pemodelan yang dapat memberikan pemahaman atau gambaran dari suatu entitas secara nyata. Terditi dari :
•    Diagram aktifitas = menggambarkan semua kegiatan yang ada dalam diagram
•    Usecase = fungsional diagram yang menggambarkan fungsi dasar sistem
•    Diagram kelas = menggambarkan struktur dan deskripsi kelas objek beserta hubungan satu sama lain seperti inherintance

8.    Pemodelan struktural yaitu pemodelan yang didasarkan pada konsep struktural

9.    Perancangan yaitu sebuah tahap pemisualisasian sistem yang telah diuji untuk kemudian dibangun menjadi sistem.


Karakteristik dasar sistem berorientasi objek:
    Identifikasi nilai bisnis
    Analisis kelayakan
    Kembangkan rencana kerja
    Jumlah personel proyek
    Kontrol
    Penentuan persyaratan
    Pemodelan fungsional
    Pemodelan struktural
    perancangan

Tujuan dibuat analisa kelayakan :
1)    Request system (permintaan sistem) = menguraikan suatu ikhtisar dari sistem yang diusulkan
2)    Study kelayakan = study yang mempunyai kaitan dengan teknik, ekonomi, dan organisasi dari segi biaya dan resiko.
3)    Identifikasi nilai bisnis dari objek adalah kunci dari proyek yang dibangun
4)    Bagaimana menciptakan tujuan  dan harapan dari sistem yang baru dibangun

Kerangka analisis:
•    Analissi terhadap level oembuatan keputusan
•    Analisis terhadap flow informasi
•    Analisis terhadap I/O

Teknik dan alat bantu pada kerangka analisis:
    Interview
    Observasi
    Sampling
    Kuisioner
    Grafik

Sumber fakta dalam analisis sistem :
1.    Sistem yang ada
2.    Internal = orang, dokumen, hubungan antara orang – organisasi
3.    Eksternal = seminar, vendor, jurnal, textbook dan interface dengan sistem lain.

Pemodelan Fungsional
Pemodelan fungsional = pemodelan yang memberikan pemahaman yang lebih baik tentang entitas nyata yang dikembangkan

Ciri2 pemodelan fungsional :
    Fitur yang dikehendaki oleh pengguna sistem
    Harus dapat mempresentasikan informasi2 yang akan di transformasikan
    Harus dapat mempresentasikan perilaku sistem saat transformasi terjadi

jenis pemodelan yang dapat dibuat:
1.    Model analisis = model yang berkaitan dengan spesifikasi kebutuhan
2.    Model yang berkaitan dengan perancangan implementasi = arsitektur perangkat lunak ( antarmuka pengguna dan rincin peringkat komponen

Perancangan Sistem informasi
Pengertian = pengembangan sistem baru dari sistem lama yang ada, dimana masalah yang terjadi pada sistem lama diharapkan sudah teratasi pada sistem yang baru.

Siklus pengembangan sistem informasi :
1.    Analisis sistem (Analysis) = menganalisis dan mendefinisikan masalah dengan kemungkinan solusi untuk sisem informasi dan proses organisasi
2.    Perancangan sistem (deign) = merancang I/O, struktur file, program, prosedur, perangkat kers, dan perangkat lunak.
3.    Pengembangan dan testing sistem (implementasi & testing) = membangun perangkat2 lunak yang diperlukan untuk mendukung sistem dan melakukan ujicoba secara akurat.
4.    Operasi dan perawatan(maintance) = mendukung operasi sistem dan melakukan perubahan / tambahan fasilitas
5.    Evolusi sistem = mengevaluasi sejauh mana sistem telah dibangun dan seberapa bagus sistem telah dioperasi

Model2 proses perangkat lunak (paradigma umum)
= merepresentasikan abstrak dari proses perangkat lunak
1.    Model proses inkremental = proses pengembangan terhadap perangkat lunak berskala besar menggabungkan elemen model sequensial linear.
2.    Model proses evolusioner/ prototype = model yang merangkai sifat interakti dari prototype dengan cara kontrol dan aspek sistematis dari model sequensial linear
3.    Model proses konkruen = paradigma aplikasi klein/server yang dirancang dari sebagian komponen fungsional
4.    Model proses watefall = model perangkat lunak yang harus dilakukan secara berurutan dimulai dari komunikasi, perancangan, pemodelan, uji coba, dan penyerhan sistem perangkat lunak kepada pelanggan.
Contoh waterfall :

Contoh evolusioner

Pemgembangan inkremental


UML (Unified Modelling Language)
Bahasa pemodelan terpadu = sebuah bahasa yang menentukan visualisasi dan mendokumentasi artifact (bagian 2 dari informasi yang digunakan dalam suatu proses pembuatan perangkat lunak)
•    Diagram aktifitas = menggambarkan semua kegiatan yang ada dalam diagram
•    Usecase = fungsional diagram yang menggambarkan fungsi dasar sistem
•    Diagram kelas = menggambarkan struktur dan deskripsi kelas objek beserta hubungan satu sama lain.
•    Diagram sequensial = diagram yang menggambarkan interaksi antara objek berdasarkan urutan waktu.
•    Diagram objek = diagram yang menggambarkan sebuah sistem pada sudut pandang waktu tertentu untuk memeriksa keabsahan kelas2 diagram.
•    Diagram statechart = diagram yang digunakan untuk mendokumentasikan beragam keadaan yang bisa terjadi terhadap sebuah kelas dan kegiatan apa saja yang dapat merubah keadaan tersebut.

Contoh diagram usecase:

Contoh diagram kelas:

Contoh diagram objek:

Contoh diagram statechart :


Contoh diagram aktifitas :

Contoh diagram squensial:

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong komentar yang berkaitan dengan postingan ini...