Rabu, 18 September 2013

Pengantar PHP



1. Apa itu PHP?
Menurut dokumen resmi PHP, PHP merupakan singkatan dari PHP Hypertext Preporcessor, ia merupakan bahasa berbentuk skrip yang ditempatkan dalam server dan si proses di server. Hasilnya yang dikirimkan ke klien, tempat pemakai menggunakan browser.

Secara khusus PHP dirancang untuk membentuk aplikasi web dinamis, artinya ia dapat membentuk tampilan berdasarkan tampilan terkini. misalnya anda bisa menampilkan isi database ke halaman web. Pada prinsip nya PHP mempunyai fungsi yang sama seperti skrip-skrip seperti ASP ( Active Server Page), Cold Fusion, ataupun Perl. namun perlu diketahui bahwa PHP sebenarnya bisa dipakai secara command line, Artinya, skrip PHP dapat dijalankan tanpa melibatkan web server maupun browser.

Pada saat ini PHP cukup populer sebagai piranti pemrogram web, terutama di lingkungan Linux, walaupun demikian PHP sebenarnya juga dapat berfungsi sebagai server-server yang berbasis Unix, windows dan Macintosh.

2. Skrip PHP
Skrip PHP berkedudukan sebagai tag dalam bahasa HTML. Sebagaimana diketahui, HTML(Hypertext Markup Language) adalah bahasa standar untuk membuat halaman-halaman web.

3. Konsep Kerja PHP
Model kerja HTML diawali dengan permintaan suatu halaman web oleh browser. berdasarkan URL (Uniform Resource Locator) atau dikenal dengan sebutan alamat internet, browser mendapat alamat dari web server, mengidentifikasikan halaman yang dikehendaki, dan menyampaikan segala informasi yang dibutuhkan oleh web server.



Selanjutnya web server akan mencarikan file yang diminta dan memberikan isinya ke web browser (atau yang biasa disebut dengan broeser saja). Browser yang mendapatkan isinya segera melakukan proses penerjemahan HTML dan menampilkannya ke layar pemakai.

Note:
1. Informasi yang disampaikan ke web server antara lain adalah nama browser, versi, dan sistem operasinya.
2. Contoh browser adalah mozilla firefox.

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong komentar yang berkaitan dengan postingan ini...